Senin, 29 November 2010

SYARAT SYARAT YANG SEGMENTASI YANG EFEKTIF


Segmentasi pasar yang berarti usaha untuk membagi pasar ke dalam kelompok- kelompok yang dapat dibedakan satu sama lain dalam hal kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang mungkin akan memerlukan produk-produk dan strategi pemasaran tertentu untuk menjangkaunya

Pasar yang tersegmentasi dengan baik dapat dijangkau dan dilayani lebih efisien. Selain itu, pasar yang tersegmentasi dengan baik lebih mudah dikelola karena suatu segmen cenderung memberikan respon yang homogen terhadap suatu stimuli. Pengetahuan tentang kebutuhan, karakter, atau perilaku pasar yang tersegmentasi akan memudahkan pemasar untuk mengelola suatu segmen secara efektif tidak ada cara tunggal untuk membuat segmentasi pasar yang baik. Namun ada beberapa variabel pokok yang sering digunakan sebagai pembeda untuk memecah populasi menjadi kelompok-kelompok atau segmen.

Beberapa variabel pokok yang digunakan sebagai pembeda antara lain adalah geografis,

demografis, dan psikografis

1. Segmentasi Geografi

Segmentasi ini membagi pasar menjadi unit-unit geografi yang berbeda, seperti negara, propinsi, kabupaten, kota, wilayah, daerah atau kawasan. Jadi dengan segmentasi ini, pemasar memperoleh kepastian kemana atau dimana produk ini harus dipasarkan.

2. Segmentasi Demografi

Segmentasi ini memberikan gambaran bagi pemasar kepada siapa produk ini harus ditawarkan. Jawaban atas pertanyaan kepada siapa dapat berkonotasi pada umur, jenis kelamin, jenis pekerjaan, tingkat penghasilan, pendidikan, jumlah anggota keluarga, siklus kehidupan keluarga seperti anak-anak, remaja, dewasa, kawin/ belum kawin, keluarga muda dengan satu anak, keluarga dengan dua anak.

3. Segmentasi Psikografi

Pada segmentasi ini pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan pada karakteristik setiap konsumen, seperti perilaku, motivasi, kepribadian, persepsi, minat dan sikap.

Manfaat dari penggunaan segmentasi pasar, yaitu:

Mendesain produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar
Menganalisis pasar
Menemukan peluang
Menguasai posisi superior dan kompetitif
Menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien

Kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi itu sendiri, antara lain:

Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.

Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan

macam segmen pasar yang ditetapkan.

Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan

diskon.

Syarat Segmentasi Yang Efektif :

Dalam melakukan segmentasi perusahaan perlu memperhatikan efektifitas segmentasi
tersebut. Syarat segmentasi yang efektif adalah (Kotler,2003):

1.

Measurable(terukur)

Measurable berarti segmen pasar harus dapat membantu perusahaan dalam mengukur
potensi pasar, daya beli konsumen serta ukuran alokasi sumberdaya.

2.

Substansial(banyak)

Substansial berarti segmen tersebut harus besar dan profitable untuk dilayani.

3.

Accessible (dapat diakses)

Accessible berarti segemen tersebut harus mudah dijangkau untuk dilayani.

4.

Differentiable (dapat dibedakan)

Differentiabel berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.

5.

Actionable (dapat dilayani)

Actionable berarti segmen tersebut dapat dijangkau atau dilayani dengan sumber daya yang

dimiliki perusahaan.

Beberapa merek ditargetkan hanya untuk perempuan, yang lain hanya laki-laki. Download musik cenderung ditargetkan untuk anak muda, saat mendengar bantu ditargetkan untuk orang tua. Pendidikan tingkat sering menentukan segmen pasar. Sebagai contoh, SD swasta sekolah mungkin mendefinisikan target pasar mereka sebagai rumah tangga yang berpendidikan tinggi yang mengandung perempuan usia. Demografis segmentasi hampir selalu memainkan beberapa peran dalam segmentasi strategi.

Sisa segmentasi kurang umum, tetapi dapat menjadi sangat efektif. Beberapa toko tetap terbuka kemudian daripada yang lain, atau tetap terbuka pada akhir pekan. Beberapa produk yang dijual hanya pada waktu-waktu tertentu dalam setahun (seperti : Kartu Natal, kalkun, kembang api, cranberry saus). Cabai merah dipasarkan lebih agresif di musim gugur, dengan mulai dari cuaca dingin. Sepakbola bermain di musim gugur, basket di musim dingin, dan bisbol di musim semi dan musim panas (atau setidaknya ini digunakan untuk menjadi pola). Olimpiade datang setiap empat tahun. Toserba kadang malam jadwal promosi peristiwa.

Dimensi waktu dapat menjadi dasar menarik untuk pengelompokan. Di Selain tersebut di atas, pasar dapat akan tersegmentasi oleh hobi, politik afiliasi, oleh agama, oleh minat khusus kelompok, oleh tim olahraga kesetiaan, oleh universitas hadir, dan ratusan variabel lain. Anda hanya dibatasi oleh imajinasi pemasaran Anda. Psikografis atau Lifestyle Segmentasi. Segmentasi dapat dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada berbagai responden. cara yang paling baik adalah dengan menanyakan secara langsung maupun mengirimkan lewat surat. bila penyebaran menggunakan telepon, cara ini dinilai kurang tepat karena surveyor tidak dapat menjelaskan secara jelas dan melihat mimik muka responden secara langsung. pertanyaan yang ditujukan sebaiknya ringkas dan jelas sehingga dapat mengetahui minat dari konsumen dengan jelas pula.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar